Kontak Kami

( pcs) Checkout

Dapatkan info bermanfaat seputar dunia softlens via blog artikel Info Promo dan Diskon bisa cek via Banner Slide
Beranda » Artikel Terbaru » Cairan softlens dan tetes mata aman untuk mata sensitif dan normal

Cairan softlens dan tetes mata aman untuk mata sensitif dan normal

Diposting pada 9 April 2018 oleh tantri setyorini
Cairan softlens yang bagus

Ilustrasi cairan softlens. Photo credit: Getty Images

Cairan softlens / air softlens dan tetes mata softlens merupakan dua produk yang sangat penting bagi pengguna lensa kontak. Keduanya bertugas memastikan higienitas dan kenyamanan softlens saat digunakan.

Walaupun begitu tak sedikit pengguna softlens yang tidak memahami pentingnya cairan dan tetes mata softlens.

Mungkin bahkan tak sedikit yang tidak bisa membedakan keduanya.

Selain berbeda, cairan softlens dan tetes mata softlens juga memiliki jenis yang cukup beragam. Sebaiknya satu produk tidak digunakan untuk semua jenis softlens.

Kondisi mata si pengguna pun harus dipertimbangkan dalam memilih cairan softlens maupun tetes mata softlens.

Definisi Mata Normal

Yang dimaksud dengan mata normal adalah mata yang tidak menderita gangguan penglihatan apa pun. Bisa juga diartikan sebagai mata yang sehat dan tidak menunjukkan gejala sensitivitas berlebihan.

Dalam istilah dunia optik, mata normal disebut plano.

Mata normal sebenarnya tidak memerlukan alat optik. Namun tak sedikit pemilik mata normal yang menggunakan kacamata atau softlens sebagai pelindung atau untuk keperluan fashion.

Kelebihan mata normal adalah mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi.

Dalam pemilihan alat optik dan berbagai aksesorisnya pun tersedia pilihan yang lebih beragam bagi si pemilik mata normal. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan anggaran yang tersedia saja.

Definisi Mata Sensitif

Istilah mata sensitif biasanya digunakan untuk menyebut sensitivitas mata terhadap cahaya atau photophobia. Bisa juga didefinisikan sebagai mata yang mudah mengalami iritasi, merah, dan berair.

Sensitivitas pada mata biasanya ditandai dengan gejala-gejala berikut:

  • Mata merah
  • Kelopak mata terasa berat
  • Mata terus-menerus berair
  • Sakit kepala
  • Mata kering
  • Mata terasa pedih

Sensitivitas mata biasanya bisa diredakan dengan perawatan yang sesuai. Bisa dalam bentuk konsumsi antibiotik, penggunaan tetes mata, pemakaian alat optik atau pembedahan. Tergantung pada level sensitivitas pada mata pasien.

Cairan Softlens (solution)

cairan softlens untuk mata sensitif

Ilustrasi cairan softlens. Photo credit: iStock

Cairan softlens atau bisa juga disebut air softlens merupakan larutan yang digunakan dalam perawatan softlens dan lensa kontak pada umumnya. Fungsi utama produk ini adalah membersihkan lensa. Biasanya digunakan untuk mencuci lensa sebelum dan sesudah pemakaian.

Sebelum kita membahas tentang jenis-jenis cairan softlens, mari kita singkirkan anggapan salah bahwa semua cairan atau solution cocok digunakan untuk setiap jenis softlens.

Sama seperti lensa kontak, cairan lensa kontak pun diformulasikan khusus untuk setiap tipe pengguna dan lensa yang digunakan.

Umumnya, cairan atau solution untuk softlens dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Multipurpose Contact Lens Solution

Cairan softlens jenis pertama adalah multipurpose contact lens solution. Multipurpose contact lens solution adalah larutan dengan fungsi ganda yang ditujukan untuk membersihkan sekaligus mensterilkan lensa kontak. Ini adalah jenis cairan yang paling populer digunakan.

Solution tipe multipurpose juga disebut larutan ‘no-rub’ karena bisa digunakan untuk mencuci dan mensterilkan melalui pembilasan saja. Jika sudah menggunakan larutan ini, tak perlu menggosok lensa untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Walaupun begitu, para peneliti telah menemukan bukti bahwa penggosokan dengan multipurpose solution dapat meningkatkan efektivitas pembersihan.

Karena itulah banyak ahli mata yang menyarankan untuk melakukan penggosokan selama 10 detik sebagai bagian dari ritual pembersihan dengan multipurpose solution.

Hydrogen Peroxide-Based Lens Care System

Hydrogen peroxide-based (HPB) contact lens care system adalah cairan yang dikhususkan untuk mensterilkan lensa saja. Produk seperti ini ditujukan untuk mendisinfeksi softlens dengan cara yang paling efektif dan aman.

Meskipun tingkat higienitasnya paling tinggi, HPB juga cederung kurang praktis. Biasanya ahli mata akan merekomendasikan pengguna cairan HPB untuk mencuci softlens dengan larutan pembersih surfaktan atau larutan garam terlebih dahulu.

Walaupun begitu, pensterilan lensa dengan sistem perawatan lensa HPB dapat dilakukan dalam proses satu langkah atau dua langkah, tergantung pada produk yang digunakan.

Cairan Softlens untuk Mata Normal

Untuk memilih cairan softlens atau solution paling tepat bagi mata normal, ada beberapa merek yang banyak direkomendasikan. Misalnya saja X2 Comfort, solution yang aman digunakan untuk semua merk lensa kontak lunak (softlens).

Cairan softlens ini dilengkapi dengan kandungan HPMC yang berfungsi melembapkan permukaan lensa kontak, sehingga meminimalisir risiko terjadinya iritasi.

X2 Comfort hadir dalam tiga kemasan besar, yaitu ukuran besar (500 ml), sedang (120 ml), dan kecil (60 ml). Kemasan kecilnya praktis untuk dibawa traveling.

Selain X2 Comfort, ada pula ICE All-In-1 Multi Purpose Contact Lens Solution. Ini termasuk produk solution baru yang diperkaya dengan pro-vitamin B5.

Larutan pembersih ICE  tak hanya membersihkan, tetapi juga meluruhkan timbunan lemak, protein, dan kotoran yang menempel pada softlens serta membunuh bakteri.

Kedua merek solution ini diproduksi oleh X2 yang bisa dikatakan terdepan dalam cosmetic lens dengan kualitas premium. Tidak hanya lensa kontaknya yang terjamin kualitasnya, cairan softlens produksi X2 juga dibuat dengan teknologi tinggi berstandar  FDA, KFDA, ISO, CE.

Setiap produk sudah diuji secara klinis dan terdaftar di Kementerian Kesehatan RI.

Cairan Softlens untuk Mata Sensitif

Bagi Anda yang memiliki mata sensitif, Biotrue Multi-Purpose Solution merupakan salah satu cairan softlens yang direkomendasikan.

Produk ini diformulasikan seperti kondisi natural mata, termasuk kadar pH cairan yang sudah disesuaikan dengan kondisi kelenjar air mata manusia. Biotrue sangat cocok untuk pengguna softlens dengan mata sensitif sampai sangat sensitif.

Biotrue mampu melembapkan lensa, membersihkan endapan protein, dan mendisinfeksi agar softlens tetap nyaman digunakan sampai 20 jam sekalipun.

Selain Biotrue, cairan softlens ReNu Fresh Multi Purpose Solution juga termasuk aman untuk mata sensitif. Cairan ini berfungsi menyapu endapan protein, membersihkan, mendisinfeksi, dan melembabkan  lensa.

Larutan ini paling cocok untuk lensa kontak berbahan hydrogel dan silicone hydrogel.

Kedua solution di atas merupakan produk Bausch & Lomb, pelopor lensa kontak dari Amerika Serikat yang  mengutamakan kenyamanan dan kualitas. Merupakan solution dengan kualitas paling tinggi. Masing-masing produk dibuat dengan teknologi berstandar FDA dan ISO.

Perlu diketahui, pembersihan softlens dengan bahan silicone hydrogel akan lebih optimal jika menggunakan cairan yang berkualitas paling tinggi. Karena itu harganya lebih mahal daripada produk-produk dengan kualitas standar.

Tetes Mata Softlens

tetes mata softlens

ILustrasi tetes mata softlens. Photo credit: iStock

Kenapa pengguna softlens membutuhkan obat tetes mata khusus?

Softlens bening atau berwarna biasanya memiliki kadar air yang tinggi.

Softlens seperti ini termasuk tipe water loving lens yang cenderung menyerap air mata. Akibatnya mata jadi lebih mudah merah. Agar mata tetap nyaman dan tidak kering, perlu dilembapkan dengan tetes mata secara berkala.

Walaupun begitu, sebaiknya jangan menggunakan obat tetes mata biasa. Obat tetes mata biasanya lebih ditujukan untuk mengatasi iritasi mata ringan. Sementara tetes mata untuk softlens memang diformulasikan khusus untuk pengguna lensa kontak.

Tetes Mata Softlens untuk Mata Sensitif

Para pengguna softlens yang memiliki mata sensitif bisa menggunakan tetes mata dari Refresh. Ini adalah cairan tetes mata khusus softlens dengan kualitas paling tinggi.

Refresh bisa diteteskan secara langsung saat softlens masih terpasang di mata. Namun paling aman memang diteteskan setelah lensa dilepaskan terlebih dahulu.

Tetes mata softlens ini juga relatif aman dipakai setiap hari jika dibandingkan obat tetes mata biasa. Jika ada partikel debu yang menempel di mata, lebih aman jika dibersihkan dengan tetes mata seperti ini daripada dikucek.

Cukup teteskan sedikit, kemudian kerjap-kerjapkan mata sampai debu yang menempel luruh.

Itulah penjelasan mengenai cairan softlens dan tetes mata softlens berikut produk-produk yang direkomendasikan untuk berbagai jenis mata.

Harap diingat, batas penggunan cairan softlens maupun tetes mata softlens adalah 90 hari setelah botol dibuka.

Lens case

Ilustrasi softlens case. Photo credit: iStock

Ilustrasi softlens case. Photo credit: iStock

Untuk memastikan softlens selalu dalam keadaan steril, tak hanya cairan atau solution yang perlu diperhatikan. Penyimpanan yang baik juga penting. Caranya adalah dengan menyimpan softlens yang sedang tidak dipakai di lens case.

Lens case atau disebut juga softlens case biasanya berupa dua wadah berbentuk bulat dengan tutup putar. Umumnya disertai huruf L atau R di tutupnya untuk mempermudah pengguna softlens dalam menyimpan lensa.

Lens case juga tidak bisa dipakai dalam jangka waktu lama, karena akan berkurang level higienitasnya. Wadah penyimpanan ini harus sering dicuci dengan air hangat agar tetap bersih.

Sama seperti cairan softlens, masa pemakaian maksimal lencase 90 hari setelah segel kemasan dibuka.

Jadi, jangan sekali-sekali menggunakan lens case tanpa pernah menggantinya. Sebab Anda tidak pernah tahu seberapa banyak kuman dan bakteri yang sudah bersarang di sana.

Untuk lebih amannya lagi, saat bepergian sebaiknya softlens disimpan di dalam kotak tempat softlens. Kadang-kadang disebut juga dengan istilah kaida atau travelkit.

Biasanya produk seperti ini terdiri dari lens case, botol kecil untuk menyimpan solution, pengaduk mini, dan kotak kecil untuk memuat semua kelengkapan softlens tadi.

Demikian penjelasan mengenai cairan softlens dan tetes mata softlens yang perlu Anda ketahui.

Pastikan softlens yang Anda pakai terjaga kebersihannya dengan cairan pembersih dan teknik penyimpanan yang tepat. Pakailah produk yang terjamin kualitasnya agar Anda terhindar dari risiko penggunaan lensa kontak.

Sumber: HealthHype.comAll About Vision

air softlens

Bagikan informasi tentang Cairan softlens dan tetes mata aman untuk mata sensitif dan normal kepada teman atau kerabat Anda.

Cairan softlens dan tetes mata aman untuk mata sensitif dan normal | SoftlensAngel.com

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 50.000
Ready Stock
Limited Edition
Rp 50.000
Ready Stock
SIDEBAR