Kontak Kami

( pcs) Checkout

Dapatkan info bermanfaat seputar dunia softlens via blog artikel Info Promo dan Diskon bisa cek via Banner Slide
Beranda » Artikel Terbaru » Panduan lengkap cara memakai softlens bersama makeup

Panduan lengkap cara memakai softlens bersama makeup

Diposting pada 5 February 2018 oleh tantri setyorini
Cara memakai softlens

Cara memakai softlens bersama makeup. Photo credit: iStock

Makeup merupakan bagian tak terpisahkan bagi wanita modern. Begitu juga softlens yang kini semakin banyak dipilih sebagai pengganti kacamata maupun pelengkap riasan.

Banyak wanita yang memilih cosmetic lenses atau softlens warna untuk mempercantik mata. Biasanya masih dilengkapi pula dengan pulasan eyeshadow atau eyeliner agar mata tampak lebih hidup.

Tetapi bagi yang belum mahir, makeup bisa luntur, masuk ke dalam mata, dan menodai lensa. Karena itu diperlukan langkah dan produk yang tepat untuk memakai softlens bersama makeup.

Sebelumnya mari kita bahas beberapa hal yang berkaitan dengan penggunaan softlens bersama makeup.

Amankah menggunakan softlens bersama makeup?

Sah-sah saja jika Anda ingin menggunakan softlens bersama makeup. Namun para dokter dan ahli mata menyarankan agar para pengguna softlens lebih berhati-hati saat memasang dan melepaskan softlens.

Mungkin Anda yang belum terbiasa menggunakan softlens bersama makeup tergoda untuk memulas riasan terlebih dahulu. Tujuannya adalah mencegah makeup belepotan dan menodai lensa, karena Anda masih punya waktu untuk memperbaiki riasan yang kurang sempurna sebelum memasang softlens.

Walaupun begitu, kebanyakan dokter dan ahli mata menyarankan untuk menggunakan softlens sebelum memulas riasan.

Risiko lensa ternoda eyeliner, maskara, atau eyeshadow lebih besar saat Anda memakai softlens setelah mata dirias. Kalau sudah begini bukan hanya penglihatan yang terganggu. Mata juga jadi lebih rawan iritasi.

Jika Anda memang lebih nyaman menggunakan softlens setelah merias mata, pastikan Anda melakukannya dengan ekstra hati-hati.

Cara ini juga bisa digunakan saat Anda ingin melepas softlens sejenak tanpa harus menghapus riasan terlebih dahulu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pengguna softlens dan makeup

Agar Anda bisa menggunakan softlens dan riasan tanpa membahayakan kesehatan mata, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut.

  • Sebelum melepas lensa (untuk dipakai kembali beberapa saat kemudian) tangan harus dicuci bersih.
  • Sebaiknya hindari kosmetik yang berbasis minyak.

“Lebih baik menghindari produk-produk berbasis minyak di sekitar mata dan gunakan maskara yang mudah dibersihkan dengan pembersih makeup non-minyak,” tutur ahli optometri, Dr. Susan Resnick dari Farkas, Kassalow, Resnick & Associates P.C.

  • Eyeshadow berbasis krim atau air lebih disarankan daripada yang bubuk
  • Jangan menggunakan terlalu banyak riasan, terutama di garis mata bagian dalam yang paling dekat dengan bola mata.

“Pengguna lensa kontak harus menghindari aplikasi eyeliner di bagian dalam garis mata,” tutur Dr. Resnick. “Bisa menghalangi dan menyebabkan infeksi pada kelenjar air mata yang memproduksi minyak penting, dan pada akhirnya bisa menyebabkan mata kering serta lensa yang buram.”

  • Lebih rendah risiko jika menggunakan softlens harian yang dipakai satu kali saja
  • Selalu gunakan kosmetik mata yang masih layak pakai agar tidak terjadi penggumpalan atau riasan rontok ke mata
  • Sebaiknya hindari maskara dengan formula lash-extending (memperpanjang bulu mata), karena cenderung lebih mudah menggumpal.

“Maskara dengan fiber sebaiknya dihindari untuk mencegah partikel terjebak di bawah lensa dan menyebabkan rasa tidak nyaman,” saran Dr. Resnick.

Baca juga : 12 Cara merawat softlens: do’s & don’t’s

Cara memakai softlens bersama makeup

Untuk Anda yang ingin tampil maksimal dengan riasan dan lensa kontak, berikut ini kami sajikan panduan cara memakai softlens bersama makeup.

Gunakan obat tetes terlebih dahulu (opsional)

Jika Anda memiliki mata yang mudah kering, tak ada salahnya menggunakan obat tetes terlebih dahulu. Nantinya Anda harus sering melebarkan mata atau tidak berkedip dalam waktu yang cukup lama untuk memakai riasan. Akan lebih baik jika kelembapan mata senantiasa terjaga.

Pakai softlens sebelum makeup

Cuci tangan sampai benar-benar bersih dengan sabun antiseptik atau cairan antiseptik. Setelah itu pasang softlens pada bola mata seperti biasa.

Gunakan eyelid primer

Eyelid primer adalah gel ringan yang berfungsi sebagai dasar riasan mata. Gunanya adalah menjadikan makeup melekat lebih sepurna dan tahan lama. Penggunaan eyelid primer akan memperkecil risiko eyeshadow meluber atau rontok ke mata, terutama saat Anda berkeringat.

Pakai eyeshadow berbasis krim/air

Sapukan eyeshadow menggunakan kuas (brush) yang bersih. Jika Anda tetap lebih suka menggunakan eyeshadow bubuk, sapukan saat mata tertutup. Anda juga bisa mencegah eyeshadow rontok ke mata dengan menempatkan selembar tisu di bawah bulu mata.

Gunakan eyeliner pensil pada bagian luar garis mata saja

Eyeliner pensil adalah pilihan yang paling aman untuk menegaskan garis mata daripada gel dan eyeliner cair. Aplikasikan pada garis mata bagian luar saja.

Aplikasikan maskara

Lentikkan bulu mata dengan penjepit bulu mata. Lakukan dengan hati-hati. Tidak perlu dijepit sampai ke dekat akar. Setelah itu aplikasikan maskara non-minyak (oil-free) dan hippoallergenic dari pertengahan hingga ujung bulu mata.

Tidak perlu menyapukan maskara dua kali, karena mencelupkan sikat ke dalam tube berkali-kali justru menjadikan sapuan berikutnya lebih mudah menggumpal.

Pastikan tidak ada maskara yang menggumpal di helaian bulu mata, karena gumpalan seperti ini berisiko ‘menjebak’ kotoran dan rontok ke permukaan softlens.

Cara melepaskan softlens saat ber-makeup

Ilustrasi cara melepaskan softlens saat bermakeup. Photo credit: iStock

Ilustrasi cara melepaskan softlens saat bermakeup. Photo credit: iStock

Setelah seharian menggunakan softlens, Anda harus melepasnya dari permukaan bola mata dengan hati-hati. Dan Anda harus lebih hati-hati lagi melakukannya saat memakai riasan wajah.

Cuci tangan terlebih dahulu

Ingat aturan yang harus dijalankan sebelum menyentuh softlens. Pastikan tangan Anda sudah bersih dari bakteri dan kotoran. Cuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik.

Lebarkan mata dan cubit sampai lepas

Untuk melepaskan softlens, lebarkan mata dengan menarik kulit di area kelopak dan bagian bawah mata. Dengan begitu softlens bisa terlepas tanpa ternoda eyeliner. Setelah itu cubit lensa sampai menempel di antara ibu jari dan telunjuk, lalu lepaskan dengan hati-hati.

Demikianlah tutorial cara memakai softlens bersama makeup dan cara yang benar untuk melepaskannya kembali. Tak perlu ragu untuk mempercantik diri dengan makeup dan softlens sekaligus. Setelah terbiasa, Anda tidak akan menemukan masalah dalam menggunakan keduanya.

Sumber: America’s Best: My Best Contacts, WikiHow, LiveAbout, Billionaire Beauties

Bagikan informasi tentang Panduan lengkap cara memakai softlens bersama makeup kepada teman atau kerabat Anda.

Panduan lengkap cara memakai softlens bersama makeup | SoftlensAngel.com

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 80.000
Ready Stock
Best Seller
Rp 50.000
Ready Stock
SIDEBAR