Kontak Kami

( pcs) Checkout

Dapatkan info bermanfaat seputar dunia softlens via blog artikel Info Promo dan Diskon bisa cek via Banner Slide
Beranda » Artikel Terbaru » Merk softlens yang bagus untuk softlens bening yang bisa Anda pilih

Merk softlens yang bagus untuk softlens bening yang bisa Anda pilih

Diposting pada 5 January 2018 oleh tantri setyorini
Merk softlens yang bagus

Ilustrasi memakai softlens.   Photo credit: Getty Images

Softlens belakangan semakin populer sebagai alat bantuan penglihatan maupun pelengkap riasan.Seiring meningkatnya penggunaan alat optik ini, semakin beragam pula softlens yang bisa di dapatkan di pasaran.

Sekarang para pengguna softlens bisa memilih berbagai jenis softlens berdasar kebutuhan dan preferensi.

Untuk memahaminya lebih jauh, mari kita membahas jenis-jenis softlens atau lensa kontak yang beredar di pasaran.

 

Variasi lensa kontak berdasar ketebalannya

Sebelum kita membahas tentang lensa kontak tebal dan tipis, kita perlu memahami konsep ketebalan yang berkaitan dengan lensa kontak.

Karena bentuknya yang cembung, lensa kontak memiliki ketebalan yang berbeda di bagian tepi dan tengah. Sementara yang disebut lensa kontak tebal dan tipis biasanya berkaitan dengan ketebalan titik tengah (central point) lensa.

Semakin tinggi minus, plus, atau silinder pada lensa kontak, umumnya lensa yang digunakan juga semakin tebal.

Saat preskripsi minus, plus, atau silinder mencapai tingkat tertentu, lensa dirancang lebih lentikular (cembung di kedua sisi) dan celah di antara lensa dan kornea diusahakan setipis mungkin.

Akibatnya cairan dan oksigen semakin sulit masuk.

Ketebalan lensa kontak yang normal adalah 0,04 sampai 0,09 mm. Sementara ketebalan idealnya adalah 0,04 sampai 0,06 mm.

Lensa kontak tebal (hard lenses)

Lensa kontak yang memiliki ketebalan lebih dari 0,09 mm tergolong lensa kontak tebal (hard lenses). Lensa seperti ini umumnya dipilih oleh penderita miopi tinggi atau silinder parah yang mengutamakan pandangan sejernih mungkin.

Namun lensa kontak yang tebal juga tidak bisa memberikan kenyamanan maksimal saat digunakan.

Softlens tipis (soft lenses)

Lensa kontak dengan ketebalan di bawah 0,04 mm sudah termasuk lensa kontak tipis atau softlens.

Lensa dibuat dari bahan hemapolyhema atau silicone hydrogel yang jauh lebih tipis dan lunak. Biasanya dipilih karena lebih mudah dan nyaman digunakan.

Namun tipisnya lensa menjadikannya lebih rapuh.

Jenis lensa kontak berdasar kandungan airnya

Dahulu lensa kontak tebal umumnya memiliki kandungan air lebih sedikit, namun tidak membuat mata cepat kering. Sementara lensa tipis memiliki kandungan air yang lebih banyak.

Walaupun begitu, saat ini kebanyakan lensa kontak tipis sudah dibuat dengan teknologi yang lebih canggih.

Menggunakan bahan terbaru silicone hydrogel yang bisa mengirim oksigen 6x lebih banyak daripada lensa kontak model lama dan mempertahankan kandungan air lebih lama.

Untuk softlens non-ionic hydrogel, endapan protein juga tidak mudah terjadi di permukaan lensa. Jadi kebersihan dan kejernihan lensa terjaga lebih lama.

Softlens high water content

Jika kandungan air di dalam sofltens melebihi 50%, berarti softlens tersebut termasuk jenis high water content.

Softlens seperti ini akan membuat mata terasa lebih nyaman dan bisa digunakan lebih lama. Tetapi juga membuat mata cepat kering, karena air mata cepat diserap lensa.

Softlens low water content

Softlens yang tergolong low water content memiliki kandungan air kurang dari 50%. Lebih kuat dan tahan lama, meskipun tidak bisa memberikan kenyamanan yang maksimum. Tidak cepat menyerap air mata, sehingga bola mata tidak cepat kering.

Sebaiknya lensa kontak yang mana?

Jika Anda menderita rabun jauh dan harus menggunakan lensa kontak sepanjang hari, lebih baik memilih lensa kontak dengan kandungan air dan permeabilitas oksigen yang tinggi.

Tapi jika mata Anda mudah kering, maka sebaiknya pilih lensa dengan kandungan air rendah, agar cairan mata tidak cepat terserap oleh lensa. Atau gunakan cairan softlens untuk membantu seperti tetes softlens Refresh.

Pada dasarnya, penggunaan lensa kontak tebal, tipis, dengan water content tinggi atau rendah tergantung dari kenyamanan dan preferensi masing-masing pengguna. Pilih yang paling sesuai untuk Anda.

Jenis softlens berdasar warna

Ilustrasi softlens. Photo credit: Getty Images

Ilustrasi softlens. Photo credit: Getty Images

Softlens berwarna

Softlens dengan warna cokelat, hijau, biru, atau kelabu biasanya lebih ditujukan untuk fashion. Lensa kontak seperti ini dirancang dengan garis-garis warna tepat di bagian yang menempel pada kornea mata.

Tujuannya adalah mempercantik warna asli iris (selaput pelangi) mata.

Baca juga : X2 Sanso Color, merk softlens terbaik untuk mata sensitif

Biasanya lensa kontak berwarna tidak ditujukan untuk mereka yang menderita gangguan penglihatan. Walaupun begitu, saat ini sudah ada softlens berwarna yang bisa membantu penglihatan penderita rabun jauh, rabun dekat, atau silinder.

Softlens bening

Lensa kontak bening atau tidak berwarna berfungsi sebagai pengganti kacamata. Digunakan untuk membantu penglihatan para penderita rabun jauh, rabun dekat, dan silinder.

Softlens bening paling banyak dipakai oleh penderita rabun jauh atau miopi. Sepasang lensanya paling sedikit memiliki preskripsi -0.5.

Sementara itu, mayoritas penderita silinder lebih menyukai kacamata untuk mengatasi gangguan penglihatan mereka.

Walaupun lensa kontak non-plano (minus) bisa dirancang dengan warna, kebanyakan penderita rabun masih memilih softlens bening untuk penggunaan sehari-hari.

Pasalnya softlens seperti ini memberikan tampilan netral.

Cocok untuk orang-orang berumur yang lebih mengutamakan kenyamanan dan segi kepraktisan daripada gaya. Begitu juga dengan mereka yang lebih menyukai riasan sederhana.

Bagi mereka yang bekerja di kantor instansi pemerintah, softlens bening juga lebih cocok karena tidak akan bertentangan dengan aturan berbusana. Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah biasanya juga memilih softlens tak berwarna karena alasan ini.

Softlens bening juga sesuai untuk mereka yang menjalani aktivitas fisik tinggi.

Misalnya saja para atlet atau mereka yang bekerja di lapangan. Softlens bening bisa menjadikan penglihatan lebih jernih dan tidak terganggu jika sampai bergeser dari kornea.

Perbedaan ukuran lensa kacamata dan lensa kontak

Perlu diketahui, preskripsi untuk kacamata dan lensa kontak tidak selalu sama.

Biasanya ukuran minus diturunkan sebanyak -0.25.

Baca juga : Kenali penyebab mata minus – kelainan, gejala dan solusi mengatasinya

Penyesuaian ini diperlukan karena preskripsi dibuat untuk kacamata yang digunakan dengan jarak beberapa milimeter dari bola mata. Sementara lensa kontak atau softlens menempel langsung pada kornea.

Otomatis titik fokusnya pun perlu disesuaikan.

Berikut ini kami tampilkan tabel konversi preskripsi ukuran kacamata ke ukuran lensa kontak.

Konversi ini dirilis oleh salah satu produsen lensa kontak asal Jerman. Berlaku untuk semua jenis dan merek lensa kontak yang memiliki diameter 14 mm sampai 14,5 mm.

Tabel konversi ukuran kacamata ke softlens

Tabel konversi ukuran kacamata ke softlens

Khusus untuk mata silinder, preskripsi maksimum yang bisa dikonversi adalah 0.50. Jika mata Anda memiliki ukuran silinder -0.50, maka Anda harus menambahkan setengahnya atau -0.25.

Walaupun begitu, konversi ini hanya bisa dilakukan jika mata Anda tidak terlalu sensitif.

Karena konversi preskripsi kacamata ke lensa kontak kadang juga bisa berisiko. Bisa mengakibatkan rasa tak nyaman atau sakit kepala.

Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mata agar Anda bisa mendapatkan preskripsi yang paling tepat.

Jenis-jenis softlens bening yang bisa dipilih

Untuk Anda yang ingin beralih dari kacamata ke lensa kontak, Anda bisa memilih beberapa merek lensa bening yang terpercaya.

Pilih produk yang sudah terjamin kualitasnya dan direkomendasikan oleh ahli mata Anda. Misalnya saja X2 Clear, X2 Sanso Clear, dan Softlens Clear Bulanan Bausch + Lomb 59.

Ketiganya merupakan lensa kontak bening yang sesuai untuk para penderita rabun jauh atau mata minus.

Dengan kadar air 38%, X2 Clear paling cocok untuk mereka yang memiliki mata mudah kering. Walaupun kadar airnya tergolong rendah (di bawah 50%), softlens tetap nyaman digunakan. Selain itu, produk ini bisa bertahan hingga satu tahun pemakaian.

X2 Sanso Clear dibuat dari silicone hydrogel dan kadar air tinggi (55%). Sehingga menghasilkan sirkulasi udara paling baik dan meminimalisir distorsi penglihatan. Masih dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar UV A dan UV B pula.

softlens x2 sanso clear

Keduanya merupakan produk unggulan X2 dari Exoticon. Exoticon merupakan produsen softlens berwarna terdepan di pasaran. Namun softlens bening buatan perusahaan ini pun tak kalah kualitasnya.

Produk-produk yang mereka tawarkan mengedepankan teknologi multy-layer polymerization dan sudah lolos standar FDA, KFDA, ISO, serta CE.

Sementara BL 59 merupakan softlens non-ionic yang menjaga lensa dari pengendapan protein. Terbuat dari inovasi material Hilafilcon B dengan kadar air 59%, sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

BL 59 paling cocok untuk pengguna softlens pemula. Jika terjatuh, lensa bisa ditemukan dengan mudah karena ditandai dengan tinta biru di bagian ujungnya.

Softlens ini merupakan produk unggulan dari Bausch & Lomb, salah satu pelopor lensa kontak dari Amerika Serikat. Produk-produk mereka mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan softlens dan gunakan cairan softlens berkualitas yang dibahas di artikel selanjutnya.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis lensa kontak, konversi ukuran kacamata ke lensa kontak, dan jenis-jenis lensa kontak terbaik yang bisa dipilih.

Sumber: British Contact Lens Association, Optik Mitra, American Optometric Association, All About Vision, LensesOnline, FDA US

 

merk softlens yang bagus

 

 

Bagikan informasi tentang Merk softlens yang bagus untuk softlens bening yang bisa Anda pilih kepada teman atau kerabat Anda.

Merk softlens yang bagus untuk softlens bening yang bisa Anda pilih | SoftlensAngel.com

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 25.000
Ready Stock
Best Seller
Rp 75.000
Ready Stock
SIDEBAR