Kontak Kami

( pcs) Checkout

Dapatkan info bermanfaat seputar dunia softlens via blog artikel Info Promo dan Diskon bisa cek via Banner Slide
Beranda » Artikel Terbaru » Softlens terbaik untuk mata kering

Softlens terbaik untuk mata kering

Diposting pada 23 October 2018 oleh tantri setyorini
softlens terbaik

Ilustrasi mata kering

Bermasalah dengan mata kering dan karenanya ragu untuk memakai softlens?

Saat ini teknologi pembuatan softlens sudah berkembang pesat. Jadi konsumen dengan berbagai keluhan yang berbeda bisa mendapatkan softlens yang sesuai dengan kebutuhan maisng-masing.

Softlens untuk mata kering pun semakin beragam jenis dan merknya.

Anda yang memiliki mata kering tak perlu khawatir mengenai penggunaan softlens.

Berikut ini kita akan membahas seluk beluk mata kering dan rekomendasi produk yang sesuai.

Definisi mata kering

Menurut situs kesehatan Go Dok, yang dimaksud dengan mata kering adalah gangguan pada indera penglihatan yang disebabkan karena produksi cairan dari kelenjar air mata tidak memadai atau air mata terlalu cepat menguap.

“Dry eyes (mata kering) adalah gangguan yang diakibatkan karena mata tidak menghasilkan cukup air mata atau air mata menguap terlalu cepat.”

Air mata manusia terdiri dari air, minyak, lemak, dan lendir. Fungsinya adalah menjaga agar permukaan mata senantiasa bersih dan licin. Cairan alami ini juga bisa melindungi mata dari infeksi bakteri.

Gejala mata kering

Meskipun hampir semua orang menunjukkan gejala yang berbeda, umumnya kondisi mata kering ditandai dengan:

  • Mata terasa kesat atau tak nyaman
  • Kelopak mata terasa menempel saat bangun tidur
  • Mata merah
  • Penglihatan kurang jelas
  • Mata terasa gatal
  • Iritasi

Penyebab mata kering

Mata kering bisa disebabkan banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah penyakit seperti diabetes, rheumatoid arthritis, penyakit lupus, atau kekurangan vitamin A.

Penggunaan obat tertentu macam antihistamin, dekongestan, antidepresan, dan obat-obat untuk tekanan darah tinggi juga bisa berakibat kepada menurunnya produksi air mata.

Beberapa penyebab lain yang lebih umum antara lain:

  • Ketidakseimbangan komposisi air mata
  • Jarang berkedip
  • Terpapar udara kering, misalnya angin, asap kendaraan, dan udara AC.
  • Abnormalitas pada kelopak mata
  • Merokok

Pengobatan dan pencegahan mata kering

Meskipun terdengar cukup sepele, mata kering harus dirawat dan diobati dengan benar. Jika tidak, gangguan ringan ini bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih serius.

Berikut ini beberapa jenis tindakan yang bisa dilakukan untuk mengobati mata kering akut:

  • Penggunaan tetes mata
  • Konsumsi bahan pangan yang mengandung asam lemak Omega 3
  • Pemberian air mata buatan
  • Pemberian salep atau tetes mata khusus untuk kelopak mata yang mengalami peradangan

Dua tindakan terakhir akan lebih aman jika dilakukan oleh tenaga medis profesional. Jadi sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter atau ahli mata Anda.

Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan setiap hari agar mata tidak mudah kering dan iritasi. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Gunakan tetes mata secara rutin
  • Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum
  • Sering-sering berkedip, terutama saat menatap layar gadget dalam waktu lama
  • Lindungi mata dari paparan debu atau udara kering
  • Membaca atau menggunakan komputer dalam jarak yang sesuai

Bisakah pemilik mata kering menggunakan softlens?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, calon pengguna softlens tak perlu mengkhawatirkan masalah mata kering lagi. Saat ini kebanyakan softlens dibuat dari materi silicone hydrogel yang jauh lebih nyaman dan memudahkan sirkulasi oksigen.

Selain itu, softlens terdiri dari dua tipe, yaitu :
Softlens dengan water content rendah (<50%) dan softlens dengan water content tinggi (>50%).

Jadi bisa disesuaikan untuk mata yang mudah kering atau normal.

Sebelum berbicara tentang water content softlens, kita akan membahas definisi water content terlebih dahulu.

“Water content adalah daya serap lensa kontak terhadap cairan yang berfungsi untuk menjaga agar lensa tetap lembap serta nyaman.”

Lensa kontak jenis softlens umumnya dibuat dari plastik lunak yang bersifat hidrofilik (menyukai air) bernama hydrogel. Semakin tinggi water content-nya, semakin tebal permukaan lensa dan semakin baik pula sirkulasi udaranya.

Softlens dengan water content tinggi pada dasarnya lebih cocok untuk mereka yang memiliki mata normal atau mudah basah. Sementara softlens untuk mata kering adalah jenis softlens dengan water content rendah.

Walaupun begitu, saat ini semakin banyak softlens untuk mata kering yang dibuat dengan bahan silicone hydrogel. Materi ini sangat tipis, bisa menjaga kelancaran sirkulasi oksigen dan kelembapan mata terlepas dari persentase water content-nya.

Dengan kata lain, softlens berbahan silicone hydrogel dengan water content rendah maupun tinggi akan tetap nyaman digunakan oleh pemilik mata kering atau normal.

Softlens untuk mata kering

Pemilik mata kering bisa mencoba salah satu softlens dari X2 Sanso Series atau X2 Bio Series.

Lini produk X2 yang satu ini terbuat dari materi Ocufilcon A.

Menurut Food and Drugs Administration, materi ini berada di kategori ionic polymer dengan water content rendah, yaitu 44%-45%.

X2 Bio Series merupakan merek softlens untuk mata kering yang memiliki beberapa lini produk, yaitu X2 Bio, X2 Bio Four, X2 Bio Color, X2 Bio Lace, dan yang terbaru adalah X2 Bio Glaze.

Masing-masing memiliki corak warna yang cantik, cocok untuk pengguna softlens modis.

Karena water content-nya rendah, produk-produk ini tidak akan menyerap air mata dalam waktu singkat. Jadi mata yang mudah kering pun bisa terjaga lebih lama kelembapannya.

X2 Bio Glaze, varian terbaru dari X2 Bio Series menawarkan dua warna dan corak. Na ditandai dengan lingkaran hitam di bagian luar, jadi akan membuat mata terlihat lebih besar.

Sementara Nu tidak memiliki black ring di sekelilingnya, jadi tampilan warnanya lebih menonjol. Membuat mata tampak lebih berkilau.

X2 Bio Glaze terdiri dari empat pilihan corak dan warna, yaitu Na Azul, Na Quartzo, Nu Azul, dan Nu Quartzo. Azul didesain dengan nuansa warna biru kecoklatan. Sementara Quartzo hadir dalam nuansa warna coklat kelabu.

X2 Bio Glaze merupakan softlens 6 bulanan dengan base curve 8.60 mm dan diameter 14.5 mm. Tersedia dalam dua kategori power range, yaitu step 0.25D dan step 0.50D.

Step 0.25D terdiri dari ukuran normal (plano) sampai -6.00DD. Sementara step 0.50D tersedia ukuran -6.00D hingga -10.00D.

X2 Bio Glaze dibuat dengan SDD Technology yang membuat ketebalan bagian tengah lensa berkurang, sehingga terasa lebih nyaman saat digunakan.

Cast Moulding & Sandwich Dyeing Technology menjadikan warna softlens lebih tahan lama. Sementara desainnya yang aspheric akan mengurangi efek lengkungan, sehingga distorsi penglihatan juga berkurang.

Tips memakai softlens untuk pemilik mata kering

Ilustrasi softlens dan tetes mata

Ilustrasi softlens dan tetes mata

Demi meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan softlens untuk mata kering, ada baiknya jika Anda juga menerapkan beberapa tips berguna berikut ini.

1. Cuci tangan sebelum memakai lensa kontak

Mata yang kering lebih mudah terinfeksi, jadi sebisa mungkin pastikan tangan sudah higienis sebelum pemasangan softlens.

2. Jangan tidur menggunakan softlens

Tidur tanpa melepaskan lensa kontak akan meningkatkan risiko infeksi, sebab mata tidak mendapat pasokan oksigen yang mencukupi. Selain itu juga bisa membuat kondisi mata kering semakin parah.

3. Ganti cairan di lens case setiap hari

Selalu bersihkan lensa kontak setiap selesai menggunakannya. Ganti sekalian cairan pembersih yang ada di lens case. Cairan pembersih yang sudah dipakai akan berkurang efektivitas dan kemampuannya dalam membunuh bakteri.

4. Pakai tetes mata secara teratur

Gunakan tetes mata meskipun mata sedang tidak terasa kering. Prinsipnya sama seperti menggunakan tabir surya. Gunakan dan aplikasikan berulang sebelum kulit terbakar sinar ultra violet.

Penting untuk di ingat juga, jangan menggunakan cairan pembersih untuk menetesi mata. Tetes mata untuk iritasi ringan yang biasa digunakan sehari-sehari juga kurang efektif.

Sebaiknya pilih tetes mata khusus yang bisa digunakan untuk pengguna softlens, mata sensitif, dan mata yang mudah kering. Misalnya saja tetes mata Refresh. Tetes mata yang satu ini aman digunakan sesering mungkin, karena tidak menyisakan bahan pengawet. Bahkan bisa digunakan oleh pasien yang baru menjalani operasi mata.

5. Istirahatkan mata dari softlens selama beberapa jam

“Ada baiknya membiarkan mata bernapas tanpa lensa selama beberapa jam,” tutur Vivian Shibayama, O.D., ahli optometri dan spesialis lensa kontak UCLA Health.

Dr. Shibayama menyarankan untuk mengistirahatkan mata dari lensa kontak setidaknya 2 jam sebelum tidur. Dengan begitu mata bisa mendapatkan pasokan oksigen dan pergantian cairan dari kelenjar air mata secara alami.

Demikian penjelasan singkat mengenai mata kering, cara tepat untuk menanganinya, dan rekomendasi softlens untuk mata kering yang sesuai.

Untuk keterangan yang lebih akurat, Anda bisa berkonsultasi kepada ahli mata.

Sumber: Go Dok, SELF, X2.co.id, Specsavers, All About Vision, AA Lens

Bagikan informasi tentang Softlens terbaik untuk mata kering kepada teman atau kerabat Anda.

Softlens terbaik untuk mata kering | SoftlensAngel.com

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 50.000
Ready Stock
Limited Edition
Rp 50.000
Ready Stock
SIDEBAR